Jangan Sembarangan, Berikut Cara Melembabkan Wajah Yang Kering Dan Kusam

 

Memiliki kulit wajah yang sehat tentunya menjadi impian banyak orang. Namun ada beberapa kondisi yang menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam. Faktor penyebabnya juga banyak, mulai dari kesalahan cuci muka hingga faktor cuaca. Tak perlu khawatir, berikut ada beberapa cara melembabkan wajah kering dan kusam alami.

Langkah Untuk Melembabkan Wajah Kering Juga Kusam

  1. Pilih Sabun Pembersih Wajah Yang Tepat

Untuk mengatasi kulit anda yang kering juga kusam, anda harus hati hati dalam memilih produk untuk wajah. Salah satunya adalah sabun pembersih wajah yang pastinya akan digunakan setiap hari. ada baiknya jika anda menghindari penggunaan facial wash yang mengandung alkohol, pewangi buatan, pewarna dan juga bahan bahan berbahaya.

Anda juga bisa menggunakan pembersih wajah yang memiliki kandungan ceramide. Dimana kandungan ini akan membantu untuk mengunci kelembaban pada kulit anda. Atau anda juga bisa menggunakan produk dari maklon kosmetik yang sudah memiliki izin resmi BPOM. Tak hanya bisa digunakan sendiri, kosmetik ini untuk bisnis di bidang skincare.

  1. Jangan Mencuci Wajah Terlalu Sering

Untuk menjaga kesehatan kulit wajah,anda memang tak boleh melewatkan membasuh wajah dengan sabun khusus. Tapi bukan berarti setiap kali membasuh wajah anda menggunakan sabun. Untuk anda yang memiliki kulit kering, mencuci muka hanya disarankan sekitar 1 sampai 2 kali saja dalam sehari. Yaitu ketika pagi dan malam hari sebelum tidur.

Anda bisa membersihkan lebih dari 2 kali yakni 3 kali, apabila menggunakan make up. Karena jika tidak dibersihkan justru pori pori akan tersumbat dan menyebabkan jerawat. Ketika mencuci muka, ada baiknya menggunakan air yang sejuk atau suam suam kuku. Anda tidak dianjurkan mencuci muka dengan air panas karena akan membuat kulit makin kering juga kusam.

  1. Eksfoliasi Wajah

Cara mengatasi kulit wajah kering dan kusam selanjutnya adalah dengan melakukan eksfoliasi wajah secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengangkat kulit mati yang menyebabkan kulit kering juga kusam. Anda bisa menggunakan bahan alami seperti oatmeal dan madu, atau bisa menggunakan AHA BHA untuk eksfoliasi secara kimia.

  1. Menggunakan Pelembab Wajah

Untuk mendapatkan kulit yang lembab dan glowing, anda tidak dianjurkan melewatkan perawatan wajah satu ini. Pastikan anda mengaplikasikan pelembab setiap hari agar kulit menjadi lembab. Pelembab akan meningkatkan retensi pada air kulit. Anda bisa menggunakan pelembab saat pagi dan malam, serta pasca eksfoliasi.

  1. Jangan Lewatkan Sunscreen

Jika anda sudah melakukan beberapa perawatan untuk kulit kering dan kusam, maka anda tidak boleh melewatkan penggunaan tabir surya atau sunscreen. Karena paparan sinar matahari yang terlalu berlebihan akan membuat kulit kering juga kusam. Penggunaan yang dianjurkan adalah 15 menit sebelum bepergian dengan kandungan SPF minimal 15.

  1. Masker Yang Melembabkan

Kulit anda akan lebih lembut  dan juga bercahaya jika dalam rangkaian perawatan ini anda juga menggunakan masker wajah. Masker wajah bisa menggunakan bahan alami ataupun yang sudah jadi. Untuk bahan alami, anda bisa memanfaatkan campuran alpukat dan madu atau minyak zaitun. Dengan menggunakan secara teratur maka kulit glowing bisa didapatkan.

Memiliki kulit wajah yang kering juga kusam memang membuat rasa percaya diri memudar. Untuk itu, anda perlu melakukan perawatan khusus agar kulit anda tampak lembut serta bercahaya. Memang tidak bisa langsung instan, tetapi jika dilakukan secara rutin maka hasilnya juga akan maksimal.