Apa Saja Material yang Aman untuk Botol Plastik 250 ml

Anda pengguna botol dari plastik sebaiknya mulai sekarang periksa kode yang ada di bawahnya dan lihat angka berapa yang tertulis di sana. Masih banyak masyarakat kita yang awam dengan kode pada kemasan atau wadah yang terbuat dari plastik. Mereka mungkin bahkan belum pernah mengecek pada wadah plastik yang dimillikinya tersebut berkode angka berapa.

Padahal kode angka yang biasanya dicantumkan di bawah botol atau wadah makanan dari plastik tersebut adalah sesuatu yang sangat penting. Kode tersebut dituliskan di dalam simbol daur ulang yang berupa segitiga. Kesalahan kode dalam memilih wadah plastik termasuk botol minum bisa merugikan dan membahayakan kesehatan dalam jangka panjang.

Mengapa begitu? Karena tidak semua material plastik aman digunakan sebagai wadah makanan atau minuman yang akan kita konsumsi. Jenis plastik tertentu bersifat karsinogen atau penyebab kanker pada tubuh sehingga kita memang harus tahu kode tersebut. Apa saja jenis plastik yang aman untuk kesehatan silahkan Anda lihat di bawah ini.

pxhere.com

Jenis dan Kode Plastik yang Aman untuk Kesehatan

Plastik PET (Polyethylene Terephthalate)

Plastik jenis PET atau juga disebut dengan PETE merupakan material yang biasa digunakan untuk galon atau botol air mineral. Plastik jenis ini aman digunakan tetapi sangat disarankan untuk sekali pakai saja dan sebaiknya tidak diisi ulang. Hindari mengisi botol plastik jenis PET atau PET ini dengan cairan bersuhu tinggi ataupun hangat.

Botol dengan material plastik PET akan bereaksi dengan panas dan polimernya bisa larut bercampur dengan minuman. Polimer plastik PET yang bereaksi dengan suhu tinggi akan menghasilkan zat karsinogenik atau senyawa pencetus penyakit kanker. Plastik jenis PET memiliki kode angka 1.

Plastik HDPE (High-Density Polyethylene)

Selanjutnya ada plastik dengan kode angka 2 yang artinya dibuat dengan material High-Density Polyethylene. Plastik jenis ini relatif aman digunakan sebagai tempat minum ataupun makanan karena kemampuannya untuk mencegah reaksi secara kimia. Banyak kotak atau tempat makanan dan botol minuman menggunakan plastik dengan kode 2 tersebut.

Produk yang umumnya menggunakan plastik jenis HDPE antara lain botol susu, botol minyak dan juga galon. Anda bisa menggunakan botol dari plastik HDPE secara berulang-ulang karena cukup aman bagi kesehatan. Hanya saja harus diperhatikan kebersihannya.

Plastik LDPE ( Low-Density Polyethylene)

Selanjutnya jenis plastik yang cukup aman untuk digunakan adalah yang memiliki kode angka 4 atau LDPE. Plastik LDPE atau  Low-Density Polyethylene biasa digunakan untuk botol yang bertekstur lembek dan juga kantong kresek. Plastik LDPE cukup aman digunakan untuk wadah makanan atau botol minuman karena sifatnya yang tahan pada uap air.

pxhere.com

Plastik PP (Polypropylene)

Bisa dikatakan bahwa plastik yang paling aman digunakan adalah polypropylene atau PP dengan kode angka 5. Plastik jenis ini memiliki daya tahan yang bagus pada suhu tinggi atau panas dan kuat. Plastik PP juga tahan terhadap reaksi kimia serta lemak. Biasanya digunakan untuk botol, tempat margarin, wadah yogurt dan lainnya.

Itulah jenis plastik yang bagus digunakan sebagai tempat atau wadah makanan dan minuman. Anda juga harus mengetahui jenis plastik yang bisa membahayakan kesehatan, yaitu sebagai berikut.

Plastik yang Tidak Aman untuk Kesehatan

Plastik PVC (Polyvinyl Chloride)

Jenis plastik dengan kode angka 3 sangat tidak dianjurkan digunakan sebagai tempat makanan ataupun botol minuman. Plastik PVC memiliki sifat mudah untuk dibentuk yang biasanya dipakai sebagai bahan pembuatan mainan anak. Sifatnya yang tahan terhadap panas membuat PVC sering dijadikan sebagai selang, pralon ataupun teralis.

Plastik PVC sebaiknya dihindari untuk mengemas makanan karena kandungan DEHA yang ada di dalamnya. DEHA tersebut bisa bereaksi secara kimia dengan makanan atau minuman dan menghasilkan zat karsinogenik.

pxhere.com

Plastik PS (Polystyrene)

Ini adalah jenis plastik yang digunakan sebagai bahan pembuatan sterofoam. Pemakaian kemasan dari stereofoam sangat tidak dianjurkan terlebih jika makanan atau minuman bersuhu tinggi atau panas. Permukaan sterofoam akan bereaksi dengan panas dan menghasilkan bahaya bagi kesehatan seperti gangguan hormon. Selain itu juga bisa mengganggu sistem syaraf. Kode plastik PS adalah angka 6.

Jenis Lainnya

Masih ada jenis plastik diluar 6 kategori yang telah disebutkan di atas. Semua plastik yang masuk pada golongan lainnya ini dituliskan dengan angka 7. Yang termasuk dalam kategori ini adalah plastik PC (Polycarbonate), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), SAN (Styrene Acrylonitrile) dan Nilon. Jenis ini biasanya digunakan untuk suku cadang mobil, koper dan peralatan lainnya.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *