Tips Belajar TOEFL Secara Otodidak

Perlu untuk diketahui dengan baik bahwa untuk test TOEFL ini digunakan untuk pengukuran pada kemampuan diri seseorang dalam berbahasa Inggris. Di dalam TOEFL terbagi menjadi tiga bagian, diantaranya Paper Based Test atau PBT, Computer Based Test atau CBT dan Internet Based Test atau IBT. Di Indonesia untuk CBT ini memang sangat jarang digunakan, sehingga wajar saja jika Anda tidak mengenali apa itu CBT.

Sementara untuk CBT ini menjadi metode tes di dalam TOEFL yang memang dianggap paling kuno. Akan tetapi di Indonesia masih banyak yang menyelenggarakannya, baik itu di kampus maupun di tempat kursus.

Pada biasanya tes ini digunakan untuk dapat melanjutkan studi perguruan tinggi ke Amerika. Semua orang tentunya menginginkan Skor TOEFL yang tinggi supaya impian melanjutkan pendidikan ke luar negeri dapat tercapai.

Tips Belajar TOEFL dengan Cepat

Sumber Gambar: Pixabay.com

Melalui tes TOEFL inilah maka kemampuan pada diri seseorang akan diuji, apakah dirinya piawai dalam bahasa Inggris atau justru sebaliknya. Sebelum memutuskan untuk mengikuti tes TOEFL, maka Anda sangat disarankan untuk belajar TOEFL terlebih dahulu.

Untuk TOEFL ini bisa dipelajari secara otodidak asalkan Anda mengetahui bagaimana trik dalam belajar. Sebagai rekomendasinya Anda bisa menyimak ulasan berikut:

1. Luangkan waktu 2 jam setiap harinya

Belajar tentang TOEFL secara otodidak membutuhkan ketekunan. Artinya Anda harus meluangkan 2 jam setiap harinya untuk belajar bahasa Inggris. Anda dapat membuat jadwal sendiri yang mana buatlah saat kondisi mood Anda baik.

Misalnya di malam hari, di pagi hari ataupun di siang hari. Pada saat belajar test TOEFL tersebut, Anda harus berfokus dan Jangan memikirkan hal lain selain materi TOEFL.

Untuk bisa mencapai nilai yang sempurna, maka Anda harus mempelajari semua yang berhubungan mengenai TOEFL. Baik itu mengenai belajar listening, belajar structure, belajar reading ataupun yang lainnya.

Untuk TOEFL ini ada banyak sekali materi yang harus dipelajari, sehingga mau atau tidak mau Anda harus meluangkan 2 jam setiap harinya atau bahkan bisa lebih jika Anda memiliki waktu luang yang lebih banyak.

2. Lakukan pelatihan test online

Sebelum Anda benar-benar mengikuti tes TOEFL secara nyata, tidak ada salahnya jika Anda menguji kemampuan terlebih dahulu dengan mengikuti pelatihan tes online terlebih dahulu.

Sekarang ini sudah ada banyak tes TOEFL online yang bisa diikuti, dengan begitu Anda bisa mengetahui dimana letak kelemahan Anda, sehingga bisa memperbaiki kelemahan tersebut.

3. Meningkatkan kemampuan listening

Kemampuan listening atau mendengarkan bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan menonton televisi yang menggunakan bahasa inggris.

Misalnya seperti film Amerika. Di dalam film ini tentunya Anda akan menemukan percakapan atau conversation yang bisa membuat Anda sedikit belajar dari film tersebut.

Meskipun bisa belajar melalui lagu, sebaiknya Anda lebih memilih film, karena di dalam lagu tidak terdapat percakapan, sehingga dengan menonton film kemampuan untuk belajar bahasa Inggris lebih terasa dibandingkan melalui sebuah lagu.

4. Anda harus memahami kelas kata

Memahami kelas kata hukumnya sangat wajib bagi Anda yang ingin belajar TOEFL dan mendapatkan nilai yang tinggi saat tes TOEFL. Untuk kelas kata ini merupakan pembagian dari kata di dalam satu kalimat.

Apabila Anda sudah mengetahui dari kelas kata ini, akan memiliki kesempatan untuk mengerjakan soal struktur 1 hingga 15 akan terasa lebih mudah.

5. Mengikuti les bahasa Inggris

Anda akan menjumpai banyak sekali tempat untuk kursus bahasa Inggris supaya melatih kemampuan dalam berbahasa Inggris. Salah satu tempat yang direkomendasikan bagi Anda untuk belajar bahasa Inggris yaitu di Kampung Inggris.

Di sana Anda bisa melakukan komunikasi berbahasa Inggris sesama siswa dan Anda pun bisa memulai melakukan pendaftaran secara online.

Alasan Mengapa Belajar TOEFL Itu Penting

Sumber Gambar: Pixabay.com

Belajar tentang TOEFL penting untuk mendukung masa depan yang lebih cerah lagi. Terlebih lagi bagi Anda yang memiliki impian untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri, maka syarat utama yang harus dipenuhi yaitu fasih dalam berbahasa Inggris dan hal ini ditunjukkan melalui skor TOEFL yang sudah Anda dapatkan melalui tes TOEFL.

Berikut ini alasan mengapa Anda harus belajar bahasa Inggris atau TOEFL yaitu:

1. Mendorong Anda menuju ke dunia baru

Siapa yang tidak ingin sukses dan menaklukan dunia? tentu semua orang menginginkannya dan hal ini bisa saja Anda lakukan apabila memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang bagus.

Untuk bisa melanjutkan jenjang pendidikan ke luar negeri, maka Anda pun juga dapat mengembangkan karir yang Anda miliki menjadi lebih tinggi lagi. Dengan hal ini maka Anda pun akan merasa terdorong untuk bisa memasuki dunia baru yang membawa kesuksesan.

2. Berlatih mendengarkan

Di dalam tes TOEFL Anda akan menjumpai soal listening. Dengan hal ini maka secara tidak langsung dengan belajar test TOEFL, Anda akan mulai berlatih untuk mendengarkan dengan fokus yang tinggi.

Karena saat tes TOEFL ini Anda tidak akan bisa menjawab pertanyaan apabila tidak fokus mendengarkan. Sebab itu Anda akan semakin terasah dan terlatih untuk memiliki tingkat konsentrasi yang tinggi.

TOEFL memang sangat relevan di dalam sebuah kehidupan secara nyata untuk bisa membuat diri seseorang bisa maju ke kehidupan yang lebih layak. Terlebih lagi apabila Anda memiliki kemampuan yang hebat dalam berbahasa Inggris dan memiliki skor TOEFL yang sempurna, maka jangan sia-siakan kemampuan yang Anda miliki tersebut. Kemampuan yang Anda miliki tesebut dapat menaklukkan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *