Banjir Di Sungai Asahan

Sungai asahan termasuk ke dalam salah satu sungai yang cukup panjang di sumatera. Sungai asahan menjadi salah satu sungai yang cukup besar. Bermuara dari danau toba dan mengalir panjang hingga teluk nibung. Sungai asahan merupakan sungai yang paling panjang yang terletak di sumatera utara. Keberadaannya cukup menjadi salah satu penopang untuk perekonomian warganya. Terutama untuk aktivitas pertanian dari warga setempat. Panjangnya sungai mampu menjadi penopang sekaligus sumber air bersih untuk kebutuhan warganya. Warga memanfaatkan keberadaan sugai ini untuk beraktivitas. Sungai yang terpanjang di sumatera utara ini menjadi sungai yang menjadi sumber penghidupan untuk warga setempat.

Kejadian Meluapnya Sungai Asahan

Ketika musim penghujan datang tidak jarang sungai yang memiliki aliran dari danau toba mengalami kejadian airnya meluap. Meluapnya air yang ada di sungai asahan tentu sangat meresahkan warga. Sebab sungai ini merupakan sungai yang terpanjang. Sehingga ketika sungai asahan airnya meluap ketika musim penghujan datang, maka bisa dipastikan wilayah yang dialiri oleh sungai ini akan mengalami kejadian banjir yang luar biasa.  Sungai yang menjadi salah satu lokasi arung jeram yang terbaik di seluruh dunia ini termasuk ke dalam sungai yang cukup dalam. Banyaknya aktivitas arung jeram di sungai ini karena sungai ini memiliki arus yang cukup menantang.

Ketika sungai asahan meluap, maka kegiatan arung jeram yang menjadi kegiatan favorit wisata di sumatera utara terhenti total. Sebab ketika sungai ini meluap maka arus sungainya menjadi sangat berbahaya. Arusnya menjadi sangat kencang dan debit air yang cukup kencang membuat banjir di kota medan dan yang berada di sepanjang aliran sungai. Daerah sekitarnya akan terjadi banjir yang sangat hebat karena luapan sungai ini. tentu saja ketika banjir yang disebabkan oleh luapan sungai asahan tentu saja hal ini cukup membahayakan untuk warga setempat yang mengandalkan kehidupannya melalui sungai ini. Jadi luapan sungai yang terjadi ketika musim penghujan datang cukup diwaspadai oleh warga dan harus dilakukan upaya antisipasi agar tidak membahayakan warga setempat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *