Tips Memilih Baju Gamis Batik yang Sesuai Syariah

Tampil cantik dan menarik adalah keinginan setiap wanita, termasuk mereka yang memilih berpakaian syariah.

Berpenampilan sesuai tuntunan ajaran agama dan sesuai kodrat sebagai seorang muslimah tentu bukan halangan untuk tetap melestarikan warisan budaya bangsa, contohnya adalah batik. Salah satu caranya adalah dengan mengenakan baju gamis batik di acara-acara tertentu.

Mengenal Sekilas tentang Baju Gamis

pixabay.com

Di tren fashion yang sangat berkembang sekarang ini, baju gamis sudah banyak sekali dijual di pasaran. Mulai dari toko pinggir jalan hingga pusat perbelanjaan bermerek mengeluarkan koleksi-koleksi terbaik mereka.

Tidak hanya dengan berbagai motif yang menarik, baju model ini juga dibuat dengan berbagai bahan yang kadang membuat bingung konsumennya. Nah, salah satu jenis kain gamis yang populer adalah katun jepang.

Banyak pabrik batik yang membuat baju gamis dengan model ini. Bahan tersebut dikenal menyerap keringat, tidak panas, dan juga tidak menerawang. Itulah mengapa banyak produsen yang berlomba-lomba memasarkan gamis mereka dengan bahan ini.

Tidak hanya motif yang umum saja, terkadang baju gamis juga dibuat dengan motif batik. Selain mengangkat budaya bangsa, motif ini nyatanya juga sangat laris di pasaran.

Tips Memilih Baju Gamis Batik

pixabay.com

Seperti yang kita tahu, model baju gamis haruslah tidak memperlihatkan lekuk tubuh alias longgar. Selain itu, baju gamis juga tidak boleh transparan. Lalu, kira-kira seperti apa baju gamis dengan aksen batik yang bagus dikenakan oleh para muslimah? Yuk, simak ulasannya dibawah ini!

Sesuaikan Corak dengan Postur Tubuh

Anda yang ingin membeli baju gamis model batik harus tahu jika postur tubuh akan sangat mempengaruhi penampilan Anda. Bagi yang memiliki tubuh gemuk, sebaiknya Anda memilih motif batik kecil-kecil dan merata.

Motif ini akan membuat Anda tampak lebih ramping dan proporsional. Sementara itu jika Anda bertubuh kurus, sebaiknya Anda memilih motif yang besar. Motif ini akan membuat Anda terlihat lebih berisi, segar, dan pasti proporsional.

Pilih yang Satu Set

Selayaknya baju gamis yang beredar di pasaran, maka akan lebih menguntungkan jika Anda membeli baju yang sudah satu set. Pasalnya, Anda tidak perlu bingung memilih hijab yang sesuai dengan warna dan motif batik Anda. Sekarang ini sudah banyak penjual yang menambahkan kerudung ke dalam satu set produk mereka.

Daripada penasaran, Anda juga boleh lho mencoba baju gamis dan kerudung sebelum Anda membelinya. Pastikan jika warna dan corak keduanya sesuai dan serasi. Jangan sampai Anda tertipu. Pastikan juga ukuran kerudung sesuai dengan standar hijab syariah.

Jika Anda tidak sreg dengan kerudungnya, maka Anda juga bisa membelinya sendiri. Dalam berpenampilan, yang penting Anda harus nyaman dan percaya diri. Jadi sesuaikan saja semua penampilan Anda karena kecewa biasanya hadir belakangan.

Perhatikan Ukuran Baju

Meski baju gamis harus terlihat gombor, tapi bukan berarti Anda harus memilih ukuran yang dua kali postur tubuh Anda. Bayangkan jika Anda memiliki ukuran M dan membeli gamis dengan ukuran XXL. Tentu saja baju akan sangat tidak menarik untuk Anda kenakan.

Pilih Bahan yang Sesuai

Seperti yang sudah dijelaskan, Anda juga harus mempertimbangkan bahan gamis. Pilihlah bahan yang tebal, tidak transparan, dan gampang menyerap keringat. Selain mencegah bau badan, bahan yang menyerap keringat juga terasa nyaman dan tidak panas kala dikenakan.

Sementara bahan yang tidak transparan tentu mencegah lekuk tubuh muslimah terlihat. Hal ini tentunya sudah sesuai dengan syariat.

Pastikan Jahitan Kuat dan Rapi

Tips kelima dalam memilih baju gamis adalah pastikan jahitannya rapi dan kuat. Jahitan yang rapi akan mencegah baju mudah rusak sementara jahitan kuat akan mencegah benang terlepas.

Perhatikan Warnanya

Memilih baju tentu harus menyesuaikan dengan warna. Sudah sesuaikah warna baju dengan warna kulit Anda. Jangan memaksa untuk mengenakan warna yang tidak cocok dilihat pada kulit Anda.

Pilihlah warna yang benar-benar menonjolkan kecantikan Anda. Misalnya saja jika Anda berkulit sawo matang, maka lebih baik pilihlah warna gamis yang sedikit cerah.

Tidak hanya warna kulit, postur tubuh ternyata juga mempengaruhi pemilihan warna. Anda yang memiliki postur kurus sebaiknya memilih warna-warna cerah. Sebaliknya, Anda yang berpostur tubuh gemuk sebaiknya menghindari warna cerah dan memilih warna netral, misalnya hitam, coklat, dan biru gelap.

Tips-tips diatas berlaku untuk semua model baju gamis. Jadi jangan pikir jika Anda membeli batik bermerek, Anda tidak perlu menyesuaikan dengan bentuk tubuh atau warna kulit. Demi menghindari kekecewaan, sebaiknya telitilah dalam membeli.

Jangan sampai Anda membeli baju gamis model batik dan malu memakainya karena Anda salah memilih. Jadi, perhatikan benar-benar tips diatas saat membeli baju gamis ya.

Demikian ulasan mengenai tips memilih baju gamis batik yang syariah. Harap diingat, sebagai seorang muslimah, Anda harus tetap menjaga peraturan dalam agama namun Anda juga perlu merawat diri.

Tidak ada salahnya berpenampilan menarik asal Anda bijaksana dalam berbusana. Jangan sampai keinginan Anda untuk tampil lebih modis dan keren ini malah menjauhkan Anda dari Allah SWT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *