Kuota Aman dengan Aplikasi Hemat Kuota

Smartphone memiliki kelebihan dibanding handphone biasa yaitu dapat menambah aplikasi apapun sesuai keinginan kita. Setiap aplikasi yang diinstal memiliki fungsinya masing-masing. Seseorang biasanya menginstal berbagai aplikasi media sosial, game, dan aplikasi lain untuk menunjang berbagai aktivitas sehari-hari.

Namun, yang menjadi masalah adalah semakin banyak kita menginstal dan menggunakan aplikasi yang menjadi korban adalah kuota kita. Kuota akan cepat habis dan menyebabkkan kita menjadi boros. Seperti yang anda tau sikap boros adalah salah satu sikap yang tidak baik sehingga harus dihindari. Sebagai upaya untuk menghindari sikap boros anda dapat menginstal aplikasi hemat kuota. Banyak aplikasi yang tersedia di play store atau app store.

Diantara mereka ada yang termasuk aplikasi yang hanya dapat diakses secara online, ada juga aplikasi yang dapat diaskes secara online maupun offline. Aplikasi-aplikasi tersebut juga ada yang cepat menghabis kuota alias boros dan ada juga yang hemat kuota. Memang ketika anda mendownloadnya tidak dapat langsung tau apakah aplikasi tersebut boros atau hemat.

Solusi agar anda tidak salah menginstal aplikasi sebaiknya anda cari tau lebih dahulu informasi tentang aplikasi yang akan anda instal di internet. Anda dapat mencari tentang fitur penghemat kuota pada aplikasi-aplikasi yang akan anda instal. Jika terdapat fitur data saver atau sejenisnya berarti aplikasi tersebut dapat menghemat kuota.

Beberapa Pilihan Aplikasi Hemat Kuota

pixabay.com

Ada beberapa aplikasi yang dapat anda instal di smartphone anda. Seperti aplikasi hemat kuota berikut ini yang akan mencegah kuota anda cepat habis.

  1. Chrome browser

Aplikasi untuk pencarian atau browser pasti sangat dibutuhkan oleh siapapun untuk mencari berbagai informasi. Ada banyak aplikasi browser yang tersedia. Hal yang penting bagi anda ketika akan menginstal aplikasi yaitu memilih aplikasi hemat kuota. Meskipun anda sering mengaksesnya, kuota anda akan tetap aman dan hemat. Salah satu aplikasi browser yang dapat menghemat kuota adalah chrom browser. Hal tersebut karena dalam chrome browser memiliki fitur data saver. Data saver ini membuat kuota yang digunakan untuk mengakses aplikasi lebih sedikit. Bahkan chrome browser dapat menghemat kuota hingga 50%.

  1. Opera mini

Salah satu aplikasi browser yang hemat kuota adalah opera mini. Mengapa opera mini termasuk aplikasi hemat kuota? Karena opera mini memang dibuat dengan tujuan untuk menghemat kuota penggunanya. Dimana dalam opera mini, terdapat fitur halaman offline. Fitur tersebut maksudnya jika anda sedang mencari suatu informasi dan kemungkinan anda akan membutuhkannya lagi nanti, anda tidak perlu mencari informas tersebut menggunakan kuota.

Anda hanya perlu menyimpan halaman yang memuat informasi tersebut ke halaman offline. Sehingga dapat anda baca kapan pun tanpa mengurangi kuota anda. Kelebihan opera mini selain hemat kuota, opera mini juga dikenal dengan kecepatannya yang baik. Jadi, anda akan memperoleh dua keuntungan sekaligus dengan menginstal opera mini. Pertama dapat menghemat kuota dan kedua anda bisa dengan cepat memperoleh informasi karena kecepatan luar biasa dari opera mini.

pixabay.com
  1. Facebook lite

Bagi anda yang sering menggunakan facebook tapi khawatir kuota anda cepat habis, anda dapat menginstal facebook lite. Aplikasi ini merupakan versi lite dari facebook. Maksudnya, facebook lite dibuat lebih sederhana dengan tujuan tagar tidak terlalu banyak menguras kuota penggunanya. Meskipun lite, tetapi fungsi dan isinya hampir sama dengan aplikasi facebook pada umumnya. Bahkan ketika anda gunakan kecepatan facevook lite ini cenderung lebih baik. Salah satu alasannnya adalah karena facebook lite memiliki tampilan yang lebih sederhana. Sama seperti aplikasi hemat kuota lainnya yang memiliki fitur untuk menghemat kuota, facebook lite juga memiliki fitur data saver yang membuat kuota anda lebih hemat.

  1. Youtube go

Anda pasti akrab dengan aplikasi hemat kuota satu ini, ya benar sekali youtube go. Aplikasi untuk menonton video ini adalah versi hemat dari youtube. Selain ukurannya yang lebih kecil, youtube go juga didesign agar lebih hemat kuota, lebih ringan, dan juga cepat. Youtube go dirancang agar kita dapat menonton video secara offline, dimana video yang ingin anda tonton didownload terlebih dahulu. Yang lebih menguntungkan lagi, ketika akan mendownload video anda akan diberi pilihan kualitas video yang akan anda download. Jadi, anda dapat benar-benar menghemat kuota dengan lebih efektif.

Menginstal aplikasi hemat kuota seperti contoh diatas sangat efektif menghemat penggunaan kuota setiap harinya. Menghemat kuota berarti menghemat pulsa karena kuota juga dapat dibeli dengan pulsa. Ketika membeli pulsa sebaiknya pilih penjual pulsa yang menawarkan harga paling murah.

Biasanya penjual yang menawarkan pulsa murah disebabkan penjual memperoleh pulsa tersebut dari web server seperti metroreloadindonesia.com. Web server tersebut menawarkan harga pulsa yang lebih murah dibanding biasanya. Hal tersebut sangat menguntungkan bagi anda.Jika dikombinasikan antara menginstal aplikasi yang menghemat kuota dan membeli pulsa yang murah berarti anda sedang melaksanakan hidup hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *