Mengenal Pengertian Apa Itu Tapestry?

Pengertian tapestri sendiri jika dilihat dari KBBI Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti tekstil barat dan hasil tenunan tangan dengan aneka motif yang digunakan sebagai hiasan dinding, tirai maupun penyalut mebel. Sedangkan tapestri berasal dari bahasa Perancis yaitu tapiesserie yang artinya penutup lantai. Kemudian tapestri jika dilihat dari bahasa Latin tapestrum memiliki makna sejenis sulaman yang banyak tekniknya. Jika disimpulkan tapestri adalah teknik dalam membuat suatu karya tekstil dengan menenun. Contoh dari tapestri sendiri berupa hiasan dinding, tirai, cinderamata dan lainnya.

Bisa dikatakan bahwa dalam membuat karya tekstil ada banyak seperti dengan cara tapestri. Hasil karya tersebut dapat berupa sehelai kain dengan motif tertentu. Pola motif dapat terbentuk dari adanya perpaduan antara benang lungsi dan benang pakan. Adapun benang lungsi adalah benang yang arah jalinannya vertikal, sedangkan benang pakan mengarah secara horizontal. Agar bisa berwujud karya yang bagus, teknik ini memerlukan beberapa perlengkapan. Mulai dari bahan utama, peralatan utama sampai komponen penunjang lainnya.

Bahan Pembuatan Teknik Tapestri

Tidak hanya kain saja, dalam teknik tapestri bisa memakai bahan lainnya seperti:

  • Kain wol
  • Kain perca
  • Manik-manik
  • Bambu dan lainnya

Bahan yang digunakan sebenarnya tergantung kebutuhan. Sebab pola desain dan fungsi dari hasil karya tapestri yang ingin dibuat beda-beda. Sedangkan untuk peralatannya rata-rata sama.

pexels.com

Alat Untuk Membuat Tapestri

Terdapat beberapa peralatan dalam teknik tapestri dan masing-masing memiliki fungsi berbeda namun satu tujuan. Adalah membentuk suatu desain sesuai pola gambar yang dimaksudkan. Peralatan untuk membuat tapestri tersebut antara lain:

  • Spanram

Di sebut juga dengan bentangan dan berfungsi untuk mengaitkan benang lungsi pada benang pakan sesuai dengan pola yang akan dibuat. Alat inu berupa kayu yang salah satu sisinya diberi paku dengan jarak 1cm per paku atau antar paku.

  • Sisir

Berguna untuk merapikan serta merapatkan benang-benang yang terlihat kurang rapi. Jadi, hasil akhir tenunan tertata rapat dan bagus.

  • Gunting

Gunting ini berfungsi untuk memotong benang-benang yang tidak terpakai.

  • Paku Penggulung

Paku ini berperan untuk menyisipkan benang pakan di benang lungsi mengikuti alur gampar pada pola.

Sedangkan dalam tahap pembuatannya, teknik tapestri memerlukan beberapa urutan seperti:

  • Menentukan Pola

Langkah awal dalam tahapan tapestri adalah menentukan pola desain yang akan dibuat. Berupa gambar dan dari desain itulah yang menjadi dasar dalam tapestri

  • Membuat Jalinan Tenun

Selanjutnya adalah membuat jalinan tenunan yang mana dalam tahap ini ada dua cara. Pertama adalah teknik tapestri asimetris, sebuah teknik dimana benang pakan menyilang pada benang lungsi. Cara ini dilakukan secara berulang-ulang. Kedua adalah teknik simetris yang merupakan suatu teknik dengan memasukkan benang pakan sejajar benang lungsi.

pexels.com
  • Sulaman tapestri

Dulu teknik sulaman ini lebih berfungsi untuk memperlihatkan tekstur maupun pola kain agar lebih indah. Sekarang teknik sulaman tapestri dapat memberikan efek tersendiri pada latar belakang motif. Sehingga dasar juga gambar pada hasil tenun lebih indah. Dalam teknik sulaman ini memerlukan bahan berupa kain strimin. Sejenis kain yang serat kainnya jarang-jarang. Strimin yang dipakai adalah strimin plastik berlubang kecil dan besar. Untuk strimin plastik kecil tenunannya cenderung mudah rapuh. Sedangkan strimin plastik berlubang besar besar lebih tebal dan tidak mudah putus. Begitu juga dengan jarum yang dipakai biasanya juga berukuran besar agar benang bisa masuk dengan mudah. Bentuk jarumnya juga tidak runcing atau tumpul.

Memerlukan ketelitian dan seolah keahlian khusus untuk membuat karya dari teknik tapestri. Apalagi proses pembuatannya yang tidak mudah, memakan waktu lama serta harus hati-hati. Sehingga memang harus bersabar. Jika Anda menginginkan karya tekstil tapestri bisa memesan ke orang lain. Ada jasa yang menerima pembuatan tapestri dengan beragam pola. Anda bisa mengajukan desain sesuai keinginan dan nantinya pesanan bisa diterima dengan membayar sesuai kesepakatan.

pexels.com

Untuk mendapatkan karya tekstil teknik tapestri terbaik bisa Anda temukan di custom tapestry. Adalah mega tapestri online yang membuka pesanan untuk umum dalam jumlah satuan maupun partai besar. Menjadi rekomendasi tapestri terbaik yang siap mewujudkan pesanan sesuai permintaan. Tersedia juga aneka pilihan gambar di situs ini. Pengunjung bisa memilih langsung. Seperti contohnya pola desain tema musik, kartun, anime, tokoh tertentu dan lainnya. Terdapat rekomendasi desain terbaik yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Setiap pesanan akan diproses dengan cepat dan semua ditangani oleh tenaga professional. Hasil terlihat rapi dan indah. Sudah banyak yang mempercayakan karya tapestri di sini dan sekarang giliran Anda. Tapestri untuk hiasan dinding dan lainnya bisa. Masing-masing sudah dilengkapi dengan patokan harga. Tidak ada biaya tambahan, nominalnya seperti yang telah disepakati. Jadi Anda tidak perlu khawatir soal harga yang ditawarkan. Harga bersaing namun tidak mengecewakan. Terbukti dengan banyaknya pesanan pelanggan yang diselesaikan serta ulasan positif dari pelanggan bersangkutan. Anda bisa mempercayakan pesanan tapestri dalam jumlah satuan maupun kelompok di sini. Tempatnya memesan tapestri online tanpa harus tibet. Satu langkah mudah untuk pesanan tapestri pilihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *