Apa itu Instastory?

Semakin marak dan boomingnya media sosial, menyebabkan semakin banyak orang yang aktif dengan akun media sosial mereka. Dibandingkan dengan beberapa tahun lalu, pengguna media sosial kini semakin banyak. Tidak hanya itu, semakin banyak orang yang lebih aktif di media sosial daripada dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Semakin aktif seseorang dalam media sosial berarti semakin banyak postingan mereka. Banyangkan saja jika satu orang mengupload puluhan atau lebih foto dan video dalam sehari pada akun instagram mereka misalnya, maka akan dibutuhkan memori penyimpanan yang sangat besar.

Untuk mengatasi hal tersebut media sosial termasuk instagram menyediakan fitur baru untuk para pengguna instagram yang aktif di media sosial yaitu Instastory. Apa itu instastory? Instastory atau Instagram Stories merupakan fitur tebaru dari Instagram yang memungkinkan penggunanya untuk membagikan momen melalui foto dan video.

Beda Instastory dengan Postingan Instagram

pexels.com

Lalu apa yang membedakan instastory dengan postingan instagram yang biasa? Meskipun keduanya hampir sama karena menyediakan layanan bagi pengguna Instagram untuk berbagi momen melalui foto maupun video, instastory tidak bisa disamakan dengan postingan biasa. Berikut poin-poin tentang instastory yang membedakannya dengan postingan biasa.

Tidak muncul di halaman profil

Berbeda dengan postingan instagram biasa, postingan instastory tidak akan muncul di profil instagram kamu. Kamu juga tidak akan menemukan postingan instastory di halaman profil orang lain.

Hal ini karena instastory tidak sama dengan postingan biasa dalam hal penyimpanan. Jika postingan biasa bisa tersimpan dalam waktu lama dalam akun instagram kamu, maka postingan kamu dalam bentuk instastory hanya akan bertahan selama 24 jam saja.

Terhapus otomatis

Jika postingan instagram biasa yang kamu upload bisa muncul dan tersimpan di halaman profil instagram, maka postingan instastory tidak akan tersimpan di halaman profil instagram kamu. Jangka waktu penyimpanan instastory hanya 24 jam.

Dengan kata lain, postingan instastory kamu akan terhapus secara otomatis jika sudah lebih dari 24 jam sejak kamu mengupload postingan tersebut. Karena itulah fitur ini sangat menguntungkan bagi kamu yang gemar mengupload instastory dalam jumlah banyak dan tidak ingin menyimpan terlalu banyak postingan di profil instagram kamu.

Memiliki batas maksimal postingan

Meskipun instastory didesain bagi pengguna instagram yang sangat aktif, namun ada batas maksimal kamu bisa memposting instastory dalam sehari. Seperti yang dilansir dalam Kompas, batas maksimal instastory yang bisa kamu upload dalam sehari adalah 100 postingan baik berupa foto maupun video.

Apabila kamu memposting lebih dari 100 postingan di hari yang sama baik berupa foto atau video, maka postingan kamu yang yang paling lama di hari tersebut akan terhapus secara otomatis.

Nah, bagaimana? Bisakah beberapa poin penting tentang instastory di atas menjawab pertanyaanmu tentang apa itu instastory?Terus bagaimana caranya kamu bisa memposting instastory?

pexels.com

Untuk bisa memposting instastory, kamu bisa mengklik pada ikon kamera yang terdapat pada sisi kiri di halaman utama instagram. Kamu bisa memilih langsung foto atau video yang akan kamu upload dari memori penyimpanan kamu atau bisa juga kamu mengambil foto secara langsung yang akan langsung terupload ke story kamu.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa elemen ke dalam foto yang akan kamu upload ke instastory berupa teks, tulisan tangan atau elemen tambahan yang lain. Kamu pun bisa mendownload foto yang sudah kamu edit tersebut.

Caranya adalah dengan mengklik ikon anak panah ke bawah dan kamu akan diarahkan ke link dimana kamu bisa mendownload foto yang sudah diedit tersebut.

Selain mengupload instastory kamu sendiri, kamu juga bisa melakukan repost instastory. Artinya, kamu memposting ulang instastory yang sudah diposting oleh orang lain. Biasanya hal ini terjadi saat kamu menemukan postingan instastory orang lain yang menarik perhatianmu sehingga kamu ingin membagikannya dengan orang lain.

Bagaimana cara repost instastory? Kamu bisa merepost instastory dengan cara langsung apabila pemilik akun instagram yang memposting instastory tersebut telah melakukan mention pada kamu. Cara ini merupakan cara yang paling sederhana dan mudah dalam merepost instastory. Namun, kekurangannya adalah kamu perlu mendapatkan mention terlebih dahulu.

Jika orang yang memposting story tidak melakukan mention pada kamu, maka kamu bisa menggunakan aplikasi sebagai perantara dalam cara repost instastory. Aplikasi yang bisa kamu pakai contohnya adalah aplikasi Story Saver. Aplikasi ini bisa kamu download secara gratis di Play Store.

Setelah menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan log in ke akun instagram kamu melalui menu ‘Sign in with Instagram’. Setelah masuk ke dalam aplikasi Story Saver, carilah nama pengguna yang ingin kamu repost instastorynya kemudian pilih foto atau video yang ingin kamu repost.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *