Alasan Mengkonsumsi Ikan Cakalang Bagus untuk Semua Usia

Cakalang atau sering disebut ikan tongkol merupakan jenis ikan laut yang mempunyai bentuk tubuh menyerupai ikan tuna. Biasanya ikan cakalang sering diolah menjadi berbagai sajian masakan mulai dari pepes, ikan goreng, ikan bakar, dan lain sebagainya. Bahkan cakalang juga menjadi ikon kuliner Kota Manado yang sangat populer hingga sekarang.

Bagi anda pencinta cakalang pastinya sudah tidak asing dengan rasa daging cakalang yang gurih dan manis. Dibalik kelezatannya tersebut ternyata cakalang menyimpan berbagai kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Adapun beberapa kandungan gizi cakalang tersebut diantaranya protein, vitamin A, kalsium, zat besi, omega 3 dan jenis nutrisi lainnya.

Pastinya cakalang sangat dianjurkan dikonsumsi untuk segala usia karena ikan ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut akan dijelaskan alasan mengkonsumsi cakalang yang perlu anda ketahui.

  1. Mencegah Penyakit Jantung
    Cakalang merupakan jenis ikan laut yang kaya akan kandungan omega 3. Dimana kandungan tersebut sangat bagus untuk kesehatan kardiovaskular. Selain itu kandungan tersebut juga dapat meningkatkan kolesterol baik serta mengontrol ritme jantung sehingga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya pembekuan darah pada arteri.
  2. Menjaga Berat Badan
    Cakalang memiliki kandungan lemak dan kalori yang rendah sehingga aman dikonsumsi meskipun dalam jumlah banyak. Pastinya hal tersebut membuat berat badan anda tetap stabil dan tidak mudah bertambah. Bagi anda yang sedang menjalankan program diet maka cakalang sangat bagus dikonsumsi sekaligus mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.
  3. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang
    Dibalik rasanya yang lezat, cakalang juga kaya akan vitamin D yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang. Dengan mengkonsumsi cakalang secara rutin maka dapat menurunkan risiko tulang retak atau patah maupun gigi yang mudah tanggal.
  4. Membentuk Jantung dan Sel Pembuluh Darah Janin
    Cakalang sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena kandungan omega 3 dalam cakalang dapat membantu pembentukan jantung serta sel-sel pembuluh darah pada janin.
  5. Mencegah Alzheimer
    Cakalang juga mengandung omega 6 dan omega 3 yang bagus untuk meningkatkan kinerja otak serta meningkatkan daya ingat. Sehingga jenis ikan ini bisa membantu mencegah penyakit alzheimer.

Demikianlah penjelasan mengenai alasan mengkonsumsi ikan cakalang untuk semua usia yang bisa menambah wawasan anda. Berbagai manfaat cakalang membuat anda tak perlu ragu menghidangkan cakalang bagi keluarga karena bagus untuk anak-anak maupun orang dewasa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *