Trik Mengganti Jaringan Menjadi 4G LTE

Setiap negara memiliki perkembangan teknologi yang berbeda-beda. Ada yang masih menggunakan jaringan lawas yaitu 2G (edge) dan 3G (HSPA. Atau bahkan telah menggunakan jaringan yang maju yaitu LTE (Long Term Evolution). Bahkan ada juga negara yang sudah mengembangkan jenis jaringan baru yaitu 5G.

Di Indonesia sendiri sedang gencar-gencarnya membangun jaringan 4G LTE tercepat. Bahkan beberapa operator saling bersaing untuk menjadi yang terbaik dan tercepat. Sebelum mengubah jaringan menjadi 4G LTE ada beberapa syarat yang harus ku penuhi terlebih dahulu, yaitu:

  • Pertama handphone yang kamu miiki harus mendukung 4G LTE sesuai dengan frekuensi operator yang kamu gunakan. Cara mengetahui apakah frekuensi smartphone dan operator sama atau tidak, yaitu dengan cara mengunjungi situs willmyphonework.net.
  • Pastikan daerah kamu sudah tercover jaringan 4G dan terjangkau sinyal LTE.
  • Dan yang terakhir pastikan juga kartu SIM Operator kamu sudah mendukung 4G. Apabila belum kamu dapat menukarkannya ke gerai resmi operator provider yang kamu gunakan.

Trik Mengganti Jaringan Menjadi 4G LTE

pexels.com

Setelah kamu melengkapi semua persyaratan di atas, maka selanjutnya kamu bisa mengikuti trik mengganti jaringan 4G LTE dibawah ini. Berikut trik yang kuotabro rekomendasiin:

  1. Trik pertama

  • Buka menu “pengaturan” lalu pilih data seluler lainnya.
  • Setelah itu pilih jaringan LTE atau 4G. Atau bisa dengan memilih GSM/WCDMA/LTE (supaya otomatis berubah apabila kehilangan sinyal).
  1. Trik kedua

Trik yang kedua ini sangat mudah dan simple untuk melock/mengunci jaringan 4G supaya tidak berubah lagi ke 3G/HSPA/EDGE. Caranya yaitu:

  • Buka dial pad/telepon kemudia ketik *#*#4636#*#*
  • Secara otomatis akan terbuka tool test lalu pilih info telefon.
  • Lau kamu pilih LTE only pada kolom jenis jaringan yang kamu sukai
  • Selanjutnya back, LTE pun berhasi “Terkunci”
  • Hal tersebut hanya berlaku sementara, apabila di reboot maka akan seperti semula lagi pada beberapa android
  • Apabila kamu tidak dapat masuk ke pengaturan ini atau tidak bisa diubah pengaturannya ke LTE Only. Maka dapat dipastikan smartphone kamu di lock oeh vendor smartphonenya.
  1. Trik ketiga

Trik ini sangat cocok untuk pengguna yang masih baru dan tidak ingin repot dan susah, maka cobalah trik ini. Caranya dengan menggunakan aplikasi. Kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi 4G switch dan sejenisnya. Lalu kamu buka aplikasi tersebut dan tinggal klik LTE Only, setting pun selesai deh. Namun apabila menggunakan aplikasi ada beberap smartphone yang harus rooting terlebih dahulu.

Untuk alternatif lainnya kamu dapat mengunduk aplikasi yang serupa yaitu 4G Only Network Mode.

Tips Agar Sinyal 4G LTE Tetap Stabil

pexels.com

Agar lebih mantap lagi nih jaringan 4Gnya. Kuotabro juga bakalan ngasih tips agar sinyal 4G LTE tetap stabil. Ini dia nih tips nya nih

  • Gunakan mode pesawat

Lah memang apa hubungannya mode pesawat dengan jaringan 4G LTE? Ternyata nih sangat ampuh untuk membuat jaringan menjadi 4G LTE. Sebab dengan mengaktifkan mode pesawat otomatis semua jaringan di handphone kamu akan mati. Saat handphone mati maka secara otomatis akan mencari jaringan baru.

  • Reboot smartphone

Jaringan 4G yang tidak stabil bisa disebabkan oleh sistem yang bekerja tidak normal. Maka dari itu perlu dilakukan reboot agar smartphone dapat bekerja dengan normal kembali.

Tips Agar Sinyal 4G LTE di PC Tetap Stabil

pexels.com

Trik diatas merupakan trik untuk smartphone, lalu bagaimana dengan pc/laptop apakah bisa juga menghubungkan ke jaringan 4G LTE juga?? ternyata bisa dong, nah berikut ini cara-caranya:

  • Pertama kamu harus memasang Virtual (Emulator) pada Android di PC kamu terlebih dahulu. Dengan memasang Virtual Android pada Pc kamu maka kamu dapat menggunakan berbagai maca program Android pada pc. Aplikasi yang perlu digunakan untuk keperluan ini yatu Bluetacks Virtual Android Manager for PC, Mobogenie Virtual Android Manager for PC, Youwave Virtual Android Manage for PC, Not Virtual Android Manager for pc, Nemu Virtual Android for PC, Droid4x Virtual Android Manager for PC, dan Genymotion Virtual Android Manger for PC.
  • Kemudian kamu harus melakukan pencarian area jaringan 4G LTE di sekitaran kamu. Caranya dapat menggunakan Google Maps agar pencarian jarangannya mencakup jaringan wilayah kamu berada.
  • Lalu kmau harus mengunci sinyal 4G yang sudah kamu dapatkan dengan menggunakan perangkat. Piih LTE Only.
  • Dan yang terakhir kamu sudah dapat menikmati fitur jaringan 4G pada PC kamu.

Dengan aplikasi kamu bisa mengontrol agar jaringan yang muncul di laptop atau komputermu adalah jaringan 4G. Dan otomatis memblokir jaringan-jaringan lainnya seperti 2G, 3G, dan H+.

Sekian artikel mengenai trik mengganti sinya menjadi 4G LTE baik itu pada handphone maupun laptop atau PC. Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu kamu untuk mengaktifkan jaringan 4G LTE. Jangan lupa baca juga artikel lain di koutabro.com. apabila kamu ingin ada yang ingin ditambahkan dan ditanyakan kamu bisa komentar dibawah ini ya. Sekian trik kali ini dan terima kasih telah membaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *