3 Peringkat Atas Negara Maju di Dunia

Negara maju merupakan sebutan untuk negara-negara yang memiliki standar hidup yang tinggi dan ekonomi yang merata. Tidak hanya itu, di negara-negara maju juga terdapat perkembangan teknologi yang jauh lebih pesat dibandingkan negara lain. Sebuah negara dikatakan maju ketika memiliki produk domestik bruto (PDB) atau disebut juga gross domestic product (GDP) yang tinggi. Jadi, pada dasarnya, PDB adalah nilai secara keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi di dalam suatu wilayah dalam jangka waktu tertentu. Negara apa aja sih yang termasuk negara maju? Yuk baca lebih lanjut tentang 3 peringkat atas negara maju di dunia!

 

Syarat-syarat Menjadi Negara Maju

Nah, selain PDB yang tinggi, negara maju juga harus memiliki infrastruktur yang memadai dan mampu mendukung mobilitas serta meningkatkan pembangunan, sumber daya manusia yang berkualitas di bidang pendidikan, riset, program kesehatan dan perlindungan sosial, kualitas pelayanan umum yang tinggi, pengelolaan tata ruang wilayah yang didukung sistem integratif, dan kemajuan teknologi yang memadai. Ini adalah syarat-syarat yang perlu diketahui untuk menjadi sebuah negara maju. Berikut  adalah  3 peringkat atas negara maju di dunia menurut Dana Moneter Internasional tahun 2018:

  1. Amerika Serikat

Negara republik konstitusional federal ini terdiri dari 50 negara bagian dan 1 distrik federal. Amerika memiliki sumber daya alam yang melimpah, disertai dengan infrastruktur yang baik dan tingkat produktivitas yang tinggi. Menurut Dana Moneter Internasional, PDB Amerika mencapai 15,1 triliun USD, atau sekitar 22% dari produk dunia bruto.

  1. Tiongkok

Republik Rakyat Tiongkok menempati peringkat kedua negara maju di dunia. Negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia, yaitu 1,4 milyar jiwa. Menurut Dana Moneter Internasional, PDB Tiongkok mencapai 9,469 triliun USD. Pemerintahan Tiongkok fokus pada perdagangan asing untuk meningkatkan PDB mereka, maka dari itu Tiongkok membuat lebih dari 2000 Zone Ekonomi Khusus

  1. Jepang

Negara yang terdiri dari 6.852 pulau di Asia Timur ini mencatatkan diri sebagai negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. Industri utama negara Jepang adalah di sektor perbankan, asuransi, , transportasi, telekomunikasi, dan konstruksi. Tiga perempat dari PDB Jepang berasal dari sektor jasa.

 

Nah, itulah 3 peringkat atas negara maju di dunia. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *